best vpn
best vpn

Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebelumnya, Virtual Private Network (VPN) hanya dikenal sebagai sarana penghubung jaringan antar gedung perkantoran secara aman atau menggunakan jaringan rumah kantor.

Namun, VPN menjadi semakin populer saat ini sebagai sarana untuk membangun koneksi yang aman dan jarak jauh ke internet. Pertanyaannya adalah, apa itu VPN?

Nah, pada artikel kali ini Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap tentang apa itu VPN, apa fungsinya, dan hal lain yang perlu Anda ketahui. Kami melihat!

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang menyediakan akses aman dan pribadi ke situs web dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Sederhananya, VPN menghubungkan ponsel cerdas, tablet, dan komputer Anda ke komputer lain (umumnya dikenal sebagai server VPN) yang terhubung ke internet di suatu tempat dan memungkinkan Anda untuk menjelajah internet di internet komputer.

Jadi, jika komputer (server) Anda berada di negara lain, itu akan menjadi negara yang Anda gunakan ketika internet mencoba menjangkau Anda melalui koneksi ini dan Anda akan dapat mengakses sesuatu yang tidak dapat Anda jangkau dari negara Anda.

Untuk lebih memahami apa itu VPN, mari kita lihat cara kerjanya.

Bagaimana cara kerja VPN?

Setelah Anda mengetahui VPN dan cara kerjanya, Anda perlu mengetahui cara kerja VPN.

VPN bekerja dengan mengenkripsi pertukaran data sebelum koneksi publik dipindai di kedai kopi atau warnet. Menggunakan koneksi VPN untuk terhubung ke internet seperti mengakses internet melalui terowongan khusus, bukan jaringan utama.

Server VPN bertanggung jawab untuk meneruskan koneksi ke situs web yang ingin Anda akses. Dengan cara ini, koneksi yang Anda buat dikenali sebagai koneksi oleh jaringan server VPN, bukan jaringan yang sedang Anda gunakan.

Oleh karena itu, ketika menggunakan jaringan tanpa VPN, koneksi dibuat secara langsung (langsung) tanpa enkripsi. Sementara itu, jika Anda menggunakan VPN, koneksi akan dienkripsi dan akan melalui server VPN terlebih dahulu.

Koneksi ini benar-benar menjadi standar penggunaan internet. Tidak ada enkripsi dan semua data yang terlibat dalam proses pertukaran data antara Anda dan aplikasi web dapat dilihat oleh banyak orang.

Tidak masalah apakah data yang diproses hanya pencarian Google, hiburan atau data serupa.

Ini bisa menjadi masalah jika data yang diproses adalah perbankan online, email bisnis, atau data yang lebih sensitif. Itu akan menjadi cerita yang berbeda, tentu saja. Untuk melakukan serangan online, hacker biasanya menggunakan teknik serangan Man in The Middle (MITM), yang akan dibahas secara berbeda.

Jadi bagaimana cara kerja VPN untuk melindungi data saat bertukar data melalui internet?

Saat menggunakan VPN (biasanya aplikasi), data dienkripsi oleh aplikasi dan dikirim hanya melalui ISP Anda dan kemudian ke server VPN. Server VPN akan menjadi perangkat ketiga yang akan menghubungkan Anda ke situs web atau layanan online. Anda akan dapat memecahkan masalah perlindungan data dan keamanan data saat bertukar data. Apa manfaat dan kegunaan lain dari VPN?

Apa Manfaat VPN?

Ada beberapa manfaat menggunakan VPN, seperti akses jarak jauh. Akses dial-up memungkinkan Anda untuk mengakses Internet dari mana saja melalui jaringan kantor Anda saat terhubung ke Internet.

Jadi meskipun menggunakan jaringan eksternal saat menggunakan VPN, jaringan tersebut dapat dikenali oleh internet melalui jaringan kantor. Selanjutnya, berikut adalah kelebihan dari VPN:

1. ByPass

Anda dapat mengatasi pembatasan geografis di situs streaming atau video. Misalnya untuk mengakses website yang dianggap berbahaya oleh pemerintah, dan lain sebagainya.

2. Pengamanan Data di Jaringan Publik

Manfaat lain dari VPN adalah melindungi pertukaran data dari Wi-Fi atau jaringan yang tidak tepercaya. Ini akan berguna jika Anda menggunakan jaringan publik di kafe, bar, dan sejenisnya.

3. Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

VPN “langsung” real-time menyembunyikan lokasi Anda. Jadi tidak sembarang orang bisa mengetahui keberadaan Anda saat login. Biasanya lokasi yang terdeteksi adalah tempat server VPN berada.

4. Data Dienkripsi

Selama pemrosesan data yang dipertukarkan antara pengguna dan aplikasi web online, data dienkripsi. Jadi, bahkan jika seseorang melihat apa yang dikirim komputer Anda, mereka hanya melihat informasi terenkripsi, bukan data mentah.

5. Enkripsi Informasi Perangkat

Seseorang tidak dapat dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan atau apa yang Anda lakukan.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain menyembunyikan identitas asli, VPN juga dapat membatasi riwayat penelusuran ISP dan pemerintah. Namun, menggunakan VPN memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah koneksi yang terkadang lebih lambat. Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan VPN.

Cukup Amankah Menggunakan VPN?

Keamanan terkadang menjadi perselisihan antara karyawan dan perusahaan IT.

VPN dapat membuat koneksi yang sangat aman, tetapi juga tergantung pada protokol (jalur) yang digunakan untuk koneksi tersebut.

Keamanan penggunaan VPN masih terkendala oleh dua faktor utama, yaitu:

1. Batasan Teknologi

Keterbatasan teknologi yang digunakan untuk mengembangkan VPN, seperti jenis protokol dan enkripsi yang digunakan.

2. Batasan Hukum

Kendala hukum dan politik mempengaruhi apa yang dapat dilakukan dengan teknologi. Hal yang sama berlaku untuk undang-undang negara tempat server dan perusahaan VPN berada. Terkadang kebijakan perusahaan memengaruhi cara perusahaan menggunakan teknologi ini dalam layanan mereka.

Jadi kita dapat mengatakan bahwa menggunakan VPN tidak sepenuhnya aman. Namun, menggunakan VPN akan lebih aman daripada menggunakan koneksi biasa.

Jadi, Kapan Harus Menggunakan VPN?

Anda dapat menggunakan VPN untuk melakukan tugas-tugas berikut:

  • Ini berkontribusi pada koneksi yang lebih aman saat menggunakan Wi-Fi publik.
  • Enkripsikan bisnis Anda di situs web.
  • Sembunyikan aktivitas Anda dari siapa pun yang ingin merahasiakannya.
  • Ini menyembunyikan lokasi Anda dan memungkinkan Anda mengakses konten yang diblokir secara geografis.
  • Ini memastikan Anda lebih anonim di situs.

Cara Mendapatkan VPN Gratis

Apa itu VPN gratis? VPN Gratis adalah layanan yang menyediakan server VPN gratis.

Anda bisa mendapatkan akses VPN gratis melalui situs web di bawah ini. Ada beberapa situs layanan VPN gratis yang bisa Anda coba. Situs penyedia VPN gratis ini menyediakan layanan aplikasi VPN yang bisa digunakan di perangkat desktop. Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan VPN di seluler atau desktop, Anda dapat mencoba aplikasi seperti Hotspot Shield atau Tunnel Bear.

1. Hotspot Shield

Hotspot Shield adalah penyedia VPN yang sangat populer. Selain menawarkan fitur premium, Hotspot Shield juga menawarkan versi gratis yang bisa Anda coba.

Versi ini dapat memblokir situs web jahat dan mengarah ke tautan ke situs yang diblokir. Namun, versi gratisnya hanya dapat terhubung ke satu perangkat.

2. TunnelBear

TunnelBear adalah aplikasi VPN yang cukup sederhana namun kuat. TunnelBear memiliki tampilan menarik yang memudahkan pengguna dalam menggunakannya.

TunnelBear adalah aplikasi VPN yang ramah untuk perangkat Anda. TunnelBear memiliki antarmuka pengguna yang menarik dan sederhana yang memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Tersedia dua versi, gratis dan berbayar. Versi gratisnya dapat mencoba penggunaan hingga 500MB.

3. Hide.me

Hide.me adalah aplikasi ISP di Malaysia dan memiliki puluhan server di seluruh dunia. Versi gratis aplikasi memungkinkan Anda menggunakan 3 GB per bulan.

Kesimpulan

VPN dapat membantu Anda melindungi koneksi, identitas, dan informasi pribadi Anda. Meskipun memiliki kekurangan, itu menjadi bagian integral dari sebuah aplikasi.

Anda dapat memilih dari berbagai aplikasi penyedia server VPN, tetapi Anda juga dapat membuat server VPN Anda sendiri di cloud VPS atau perangkat komputasi Anda.