google docs flowchart
google docs flowchart

10 Aplikasi untuk Membuat Flowchart Memudahkan Kerjamu

Saat merencanakan ide, alur kerja, atau proyek, aplikasi diagram alur membantu menyederhanakan proses pembuatan. Aplikasi ini, meskipun bukan investasi yang menonjol, tidak hanya dapat membantu Anda menemukan dan bertukar pikiran tentang kreativitas bisnis, tetapi juga dapat menghabiskan biaya yang jauh lebih murah daripada papan tulis.

Memang benar bahwa tidak semua aplikasi flowchart memiliki kualitas yang sama, tetapi semua yang terbaik memiliki fungsionalitas dasar yang sama dengan template dasar dan objek yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk memilih aplikasi flowchart terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, artikel ini merangkum 10 aplikasi teratas untuk membuat flowchart. Ayo, lihat.

1. GitMind

google docs flowchart
google docs flowchart

GitMind adalah alat online gratis untuk membuat diagram alur, diagram organisasi, diagram UML, diagram herringbone, diagram pohon, dan banyak lagi. Aplikasi ini berisi berbagai macam template diagram alur untuk dipilih.

Antarmuka aplikasi sangat bersih, sehingga mudah dipelajari dan dikuasai. Modul diagram alur yang paling umum dan umum digunakan dirancang dan diatur agar mudah diakses saat dibutuhkan. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan fungsi drag and drop sederhana untuk membuat struktur flowchart.

Tidak hanya itu, Anda dapat mengekspor gambar dalam berbagai format file, seperti PDF, PNG, JPEG dan SVG. Anda juga dapat mengatur kata sandi untuk diagram alur Anda dan membagikannya dengan tim. Semua fitur ini menjadikan GitMind alat diagram alur yang bagus untuk pemula.

2. Microsoft Visio

google docs flowchart
google docs flowchart

Aplikasi ini sepertinya sudah sangat terkenal. Microsoft Visio adalah alat populer untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, diagram, denah lantai desain teknik, dan banyak lagi. Aplikasi ini memungkinkan anggota tim untuk bekerja pada grafik pada waktu yang sama.

Anda dapat menautkan diagram dan diagram alur yang Anda buat ke data waktu nyata sehingga perubahan pada data yang mendasarinya terlihat melalui pemformatan bentuk yang diterapkan. Versi web Microsoft Visio berfungsi di browser apa pun, di mana pun.

Dalam hal kegunaan dan fungsionalitas, MS Visio menawarkan berbagai bagan dan templat bagan. Tentu saja ini akan sangat berguna bagi pengguna karena mereka memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang unik dan berbeda.

3. yED Graph Editor

YED Graph Editor adalah aplikasi desktop gratis, kuat, dan lintas platform untuk membuat grafik dengan cepat dan efisien. Aplikasi ini dapat digunakan di semua platform utama, seperti Windows, Unix/Linux dan Mac OS X.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis grafik yang memungkinkan pengguna membuat grafik secara manual atau mengimpor data eksternal untuk manipulasi atau analisis. YED juga dapat digunakan untuk membuat bagan organisasi, peta pikiran, diagram batang mengambang, ERD, dan banyak lagi.

Fitur utama dari aplikasi ini termasuk antarmuka pengguna yang intuitif, mengimpor data eksternal dari spreadsheet Excel, mengekspor bitmap dan grafik vektor, dan tata letak otomatis elemen bagan. YEd mudah digunakan untuk pemula, tetapi juga menyediakan kontrol yang diperlukan untuk para ahli.

4. Pencil

Pencil adalah aplikasi open source gratis yang mudah digunakan untuk membuat prototipe antarmuka pengguna grafis, juga dikenal sebagai antarmuka pengguna grafis (GUI). Antarmuka pengguna grafis biasanya digunakan untuk membuat template yang populer di kalangan pengguna PC.

Aplikasi ini memiliki sejumlah bentuk bawaan yang memungkinkan Anda menggambar berbagai jenis antarmuka pengguna dari desktop ke platform seluler, termasuk bentuk, elemen diagram alur, bentuk UI desktop/web, GUI Android dan iOS.

Pencil mendukung pembuatan bagan, mengekspor ke berbagai format keluaran, termasuk Inkscape SVG dan Adobe PDF, dokumen teks OpenOffice / LibreOffice, dan tautan ke banyak halaman. Tidak hanya itu, Pencil juga terintegrasi dengan OpenClipart.org untuk memudahkan pencarian catatan secara online.

5. Gliffy Diagram

Aplikasi ini adalah cara lain untuk membuat diagram alur berbasis web yang sangat mudah dipelajari. Anda bisa langsung mendapatkan diagram alur, diagram Venn, atau apa pun yang dapat Anda pikirkan hanya dengan memindahkan bentuk dari panel kiri dan memindahkannya ke template.

Anda dapat memilih dari berbagai macam bentuk dan ikon, dan menambahkan bentuk kustom Anda sendiri akan semudah memindahkan bentuk dari panel komputer Anda. Kisi bawaan aplikasi membuat semuanya tetap di tempatnya dan indah, sehingga Anda dapat dengan cepat membuat diagram alur.

Fitur yang menonjol adalah versi yang terintegrasi dengan perangkat lunak manajemen bug Jira dan Confluence, yang memungkinkan pengguna membuat grafik dengan cepat menggunakan informasi dari layanan.

6. Cacoo

Meskipun tidak terlalu mengejutkan, Cacoo adalah aplikasi lengkap lainnya. Cacoo memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan berbagai template. Aplikasi tidak memiliki modul flowchart standar, tetapi ada template untuk Anda mulai.

Cacoo juga menawarkan templat bagan Venn, peta pikiran, dan bahkan kalender. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur bagan sederhana yang memungkinkan pengguna memasukkan atau memasukkan data dengan cepat untuk membuat bagan, diagram lingkaran, dan tren sederhana.

Semua bagan ini kemudian dapat diintegrasikan ke dalam semua bagan Anda. Menggunakan Excel, Anda dapat dengan mudah membuat bagan atau grafik lalu menambahkannya ke bagan Anda. Kakao dapat diekspor sebagai file gambar, vektor dan PowerPoint.

7. ConceptDraw

Paket Office ConceptDraw adalah kombinasi dari tiga produk berbeda dalam satu suite aplikasi yang memungkinkan perencanaan bisnis dan peningkatan produktivitas. Aplikasi ini juga mencakup platform perangkat lunak khusus, yaitu diagram, peta pikiran, dan manajemen proyek.

Produk aplikasi ini adalah produk grafik dan grafik bisnis yang sangat fleksibel dengan ratusan template dan ribuan template vektor siap pakai. Pengguna dapat mendesain elemen model dari awal dan memasukkannya ke dalam desain.

ConceptDraw Office sepenuhnya kompatibel dengan Visio dan dapat diinstal pada platform Microsoft Windows atau Apple Mac dengan lisensi prabayar. Paket uji coba gratis tersedia bagi mereka yang ingin mencobanya.

8. Creately

Aplikasi Creately berbeda dari aplikasi lain karena didasarkan pada penginstalan aplikasi. Creately juga tersedia sebagai aplikasi desktop online dan pada platform seluler. Selain membuat diagram alur, Creately dapat digunakan untuk membuat berbagai diagram bahkan peta.

Creately memiliki banyak sekali templat dan Anda dapat mencoba semuanya secara online sebelum memutuskan paket berbayar. Versi cloud memiliki paket gratis terbatas pada 5 dokumen.

9. Edraw Max

Aplikasi ini mencakup sejumlah templat yang dirancang secara profesional serta mudah diekspor ke Visio, Word, PDF, JPEG, PPT, dan Html. Template yang dirancang secara profesional ini memudahkan pembuatan diagram alur dengan cepat.

Dengan lebih dari 50.000 grafik vektor built-in, Edraw Max dapat bekerja dengan perpustakaan ikon, simbol dan bentuk untuk memastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mulai membuat diagram alur Anda.

Yang disoroti Edraw Max adalah fitur dan fungsinya. Edraw Max terintegrasi dengan PowerPoint dan dapat diekspor ke berbagai format file seperti Visio, PDF, PPT, Word, JPEG, HTML, dan lainnya.

10. SmartDraw

google docs flowchart
google docs flowchart

Aplikasi serbaguna ini mencakup template dari diagram alur hingga desain perangkat lunak, dari lanskap hingga gambar rangka. SmartDraw menyertakan koleksi template yang lebih komprehensif.

File yang dihasilkan dapat disimpan ke SmartDraw atau Google Drive, OneDrive, Dropbox dan Box. Grafik juga dapat diekspor ke gambar, Visio, atau bentuk vektor SVG, yang berarti dapat digunakan di mana saja.