merk ssd terbaik
merk ssd terbaik

5 Rekomendasi Merk SSD Terbaik untuk Laptop dan PC

SSD atau Solid State Drive sering digunakan sebagai perangkat penyimpanan utama di PC dan laptop karena kemampuannya untuk membaca dan menulis data dengan cepat. Kapasitas SSD dianggap lebih baik dari HDD, hingga 10 kali lebih baik. Menggunakan SSD juga meningkatkan kinerja PC dan laptop, misalnya dengan mempercepat proses booting. Pada artikel ini, kami membahas cara memilih dan merekomendasikan merek SSD untuk laptop dan PC.

Cara Memilih SSD yang Bagus untuk Laptop

Baik SSD maupun HDD memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan data dan informasi pada laptop dan PC, namun keduanya memiliki teknologi konstruksi yang berbeda. SSD menggunakan teknologi chip non-volatile yang disebut NAND flash untuk menyimpan data.

SSD individu tidak memiliki bagian yang bergerak saat memproses data, dan sistem kelistrikan dapat memproses data hingga 20 kali lebih cepat daripada HDD. Sementara itu, HDD menggunakan cakram yang berputar dan bekerja secara magnetis seperti sistem CD dan DVD.

Ada merek teratas SSD laptop yang dirancang untuk penggunaan internal dan eksternal komputer atau laptop. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli SSD terbaik untuk laptop dan PC.

1. Menyesuaikan jenis konektor dengan kebutuhan

  • Pertama, tipe SATA yang merupakan salah satu model SSD pertama di pasaran yang memiliki bentuk, ukuran, dan konektor yang sama dengan HDD, yaitu 2,5 inci. Jadi, jika Anda memiliki laptop, PC, atau konsol game yang masih menggunakan HDD, coba ganti dengan SATA SSD agar perangkat Anda berjalan lebih cepat. Ada berbagai jenis SATA pada SSD yang berbeda, yaitu SATA 1.0, SATA 2.0 dan SATA 3.0.
  • Kedua, jenis mSATA yang lebih kecil dari SATA, sehingga dapat digunakan untuk perangkat kecil. SSD jenis ini sering ditemukan di ultrabook dan tablet. Namun, SSD mSATA terbaru memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1TB. SSD jenis ini biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan membutuhkan daya yang cukup rendah untuk menjalankannya.
  • Ketiga, tipe M.2 yang merupakan salah satu bentuk terbaru pada berbagai SSD. Soket M.2 dapat dipasang secara nirkabel, tetapi dapat dengan mudah dihubungkan ke motherboard. Namun, perlu diingat bahwa M.2 hanyalah faktor bentuk dan tidak menentukan kecepatan SSD. Kecepatan SSD ditentukan oleh konektor yang dipasang dengan M.2, termasuk SSD SATA M.2, SSD PCIe M.2, SSD NVMe M.2

2. Memilih berdasarkan kapasitas data SSD

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat membeli merek SSD terbaik untuk laptop adalah kapasitasnya. SSD dengan kapasitas 128 GB – 256 GB sudah cukup untuk meningkatkan kinerja sistem operasi. Namun jika juga digunakan sebagai media penyimpanan sistem, pilihlah SSD dengan minimal 256GB.

Jika akan digunakan untuk mengunduh berbagai game seperti game online atau STEAM, pilihlah SSD merek terbaik untuk laptop dengan kapasitas 512GB atau lebih. Akan lebih baik jika Anda memilih SSD yang kapasitasnya dapat diperluas, sehingga Anda tidak perlu membeli SSD lagi jika sudah penuh. Untuk merekam dan mengedit game, sebaiknya pilih kapasitas SSD yang direkomendasikan oleh produsen game.

Untuk kebutuhan yang cukup berat seperti editing video, programming dan sejenisnya, gunakan merek SSD laptop terbaik dengan kapasitas mulai dari 512GB hingga 1TB atau lebih. Untuk membuat komputer Anda lebih efisien, Anda dapat menyimpan perubahan Anda pada HDD 1TB, sedangkan SSD hanya berfokus pada pemrosesan data.

3. Memastikan kecepatan SSD memproses data

Merk SSD laptop terbaik tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Jika spesifikasi ditulis 550 Mbps, berarti kecepatan maksimum produk adalah 550 Mbps. Namun, kecepatan pemrosesan data maksimum ini hanya berlaku untuk komputer yang kompatibel dengan SSD terkait. Jika spesifikasi laptop atau PC tidak sesuai dengan SSD, kecepatan pemrosesan data juga mungkin lebih lambat.

Rekomendasi Merk SSD Terbaik untuk Laptop

Tentu saja, toko perlengkapan komputer atau laptop juga menjual berbagai merek SSD, seperti Western Digital, Samsung, Seagate, dan V-GeN. Berikut adalah rekomendasi lengkap kami untuk merek SSD untuk laptop dan PC

1. Western Digital SSD WD Green 240 GB

merk ssd terbaik
merk ssd terbaik

Western Digital SSD WD Green berukuran 2,5 inci dan tebal hanya 7mm, sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam laptop atau PC. Dibuat dengan model M.2 2280, merek SSD terbaik untuk laptop ini memiliki antarmuka SATA 3 dengan kecepatan baca maksimum 545MB/s dan kecepatan tulis 430MB/s. Selanjutnya konsumsi dayanya juga sangat rendah, hanya 52 miliwatt untuk proses transfer data.

Produsen Western Digital WD Green SSD mengklaim bahwa produk ini dapat digunakan hingga 1 juta jam, tentu saja tergantung pada kebiasaan penggunaan. Dengan keunggulan tersebut, harga merek SSD terbaik untuk laptop ini masih tergolong murah yakni Rp 500.000.

2. Samsung SSD 980 M.2 NVMe 1 TB

Dengan kapasitas hingga 1TB, SSD Samsung 980 M.2 NVME tentunya sangat bagus untuk tugas-tugas laptop yang agak menuntut seperti bermain game, workstation, desain, dan desain 3D. SSD laptop merek teratas dapat mencapai kecepatan baca hingga 3500MB/s dan kecepatan tulis hingga 3000MB/s. Jika Anda ingin menggunakan produk ini, pastikan komputer atau laptop Anda memiliki motherboard yang kompatibel, seperti Asus, MSI, Biostar, Asrock, Gigabyte dan ECS.

Untuk memaksimalkan kinerja, merek SSD laptop teratas hadir dengan perangkat lunak manajemen SSD Magician Software. Dibandrol dengan harga Rs 2 lakh, Samsung 980 M.2 NVME SSD dikatakan bertahan hingga 1,5 jam.

3. HP SSD EX900 M2 NVMe 3D TLC NanD 250GB

merk ssd terbaik
merk ssd terbaik

HP SSD EX900 dapat digunakan untuk laptop dan PC semua merk baik itu ASUS, ACER, LENOVO, TOSHIBA dan merk lainnya. SSD laptop merek teratas hadir dalam kapasitas terkecil sekitar 250GB, dengan kecepatan baca hingga 2100MB/s dan kecepatan tulis hingga 1300MB/s. Daya yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya juga sangat kecil, yaitu hanya 3 watt.

Merk SSD terbaik untuk laptop ini berjalan pada suhu maksimal 0 hingga 70 derajat Celcius. Jadi, jika laptop kepanasan, matikan laptop terlebih dahulu agar SSD bekerja maksimal kembali. HP SSD EX900 tersedia mulai dari Rs 580.000 dengan waktu penggunaan maksimum 2 juta jam.

4. V-GeN SSD SATA 3 128GB

SSD SATA 3 V-GeN dengan kapasitas 128GB dapat membaca data hingga 510MB/s dan menulis hingga 410MB/s. Merek SSD terbaik untuk laptop ini hanya setebal 6mm dan dilengkapi dengan AES 256-bit Full Disk Encryption (FDE), sehingga data yang tersimpan di dalamnya akan terlindungi.

V-GeN SSD SATA 3 bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang akan beralih ke SSD dan ingin membeli produk dengan harga terjangkau untuk pertama kalinya. Meski dibanderol dengan harga hanya Rs 250k, merek SSD terbaik memberikan garansi laptop ini hingga tiga tahun, yaitu penggantian satu kali jika terjadi kerusakan.

5. ADATA XPG SX6000LNP LITE PCIe Gen3x4 M.2 2280 512 Gb

Laptop ADATA XPG SX6000LNP dari merek SSD papan atas sudah mendukung NVMe 1.3 yang dilengkapi dengan 3D NAND Flash, sehingga kinerjanya bisa 3x lebih cepat dari SSD SATA berkapasitas lebih besar. Dengan dukungan format M.2 22800 dan teknologi SLC Caching, serta buffer cache DRAM, produk ini menawarkan kinerja optimal saat bermain game, rendering, overclocking, dan tugas berat lainnya.

Dengan kapasitas 512Gb, merek SSD terbaik untuk laptop ini memiliki kecepatan baca maksimal 1800Mb/s dan kecepatan tulis maksimal 1200Mb/s. ADATA XPG SX6000LNP tersedia untuk dibeli melalui Tokopedia dengan harga Rs 780.000.

Kesimpulan

SSD atau Solid State Drive adalah ruang penyimpanan teknologi baru yang mulai banyak digunakan di laptop dan PC untuk menggantikan HDD. Salah satu kelebihan SSD adalah dapat membaca data lebih cepat dari HDD, sehingga proses booting dan program laptop juga lebih cepat. Pada artikel ini, kami telah membahas cara memilih merek SSD laptop terbaik dan kelebihan dan kekurangannya.